SUARAPUBLIC.COM - Pasar mobil ASEAN yang terus berkembang termasuk Indonesia lebih efektif dimanfaatkan oleh negara tetangga. Contohnya Malaysia! Negara jiran ini tidak hanya mengekspor merek sendiri ke Indonesia, juga siap menjadi basis merek dari negara lain.
Terbaru adalah Volkswagen (VW). Pasalnya, kemarin VW dan sebuah perusahaan otomotif Malaysaia sudah memembuat kesepakatan untuk merakit VW di negara tersebut yang akan dimulai model Passat pada akhir tahun depan.
Dalam rilis VW mengatakan, keputusan merakit produknya di Malaysia merupakan peningkatan aktivitas secara bertahap di Asia Tenggara dan mengantisipasi pertumbuhan ekonomi dan penjualan mobil pada 2018.
Acara penandatangan kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan oleh Christian Klinger, Anggota Dewan Manajemen Volkswagen AG yang bertanggung jawab untuk Penjualan dan Pemasaran dan Dato Syed Mohamad, Chairman DRB-Hicom (mitra VW di Malaysia), disaksikan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak.
“Sangat penting memanfaatkan potensi pasar ASEAN untuk jangka panjang bagi VW AG,” kata Christian Klinger. Penjualan mobil di Malaysia tahun ini diperkirakan 570.000 unit dan dinilai sebagai pasar yang sangat penting bagi VW. “Kami akan menggunakan struktur dan kapasitas yang ada pada parbrik DRB Hicom di Pekan. Kami akan terus mengembangkan potensi pasar Malaysia,” sambung Klinger.
Direncanakan kerjasama tersebut akan merakit model-model VW lainnya untuk pasar Malaysia. Perakitan VW di Malaysia tampak pada tahap awal berupa semi CKD. Sedangkan dari CKD penuh akan dilakukan pada akhir 2012. Jumlahnya pun hanya beberapa ribu unit.(*)
Terbaru adalah Volkswagen (VW). Pasalnya, kemarin VW dan sebuah perusahaan otomotif Malaysaia sudah memembuat kesepakatan untuk merakit VW di negara tersebut yang akan dimulai model Passat pada akhir tahun depan.
Dalam rilis VW mengatakan, keputusan merakit produknya di Malaysia merupakan peningkatan aktivitas secara bertahap di Asia Tenggara dan mengantisipasi pertumbuhan ekonomi dan penjualan mobil pada 2018.
Acara penandatangan kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan oleh Christian Klinger, Anggota Dewan Manajemen Volkswagen AG yang bertanggung jawab untuk Penjualan dan Pemasaran dan Dato Syed Mohamad, Chairman DRB-Hicom (mitra VW di Malaysia), disaksikan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak.
“Sangat penting memanfaatkan potensi pasar ASEAN untuk jangka panjang bagi VW AG,” kata Christian Klinger. Penjualan mobil di Malaysia tahun ini diperkirakan 570.000 unit dan dinilai sebagai pasar yang sangat penting bagi VW. “Kami akan menggunakan struktur dan kapasitas yang ada pada parbrik DRB Hicom di Pekan. Kami akan terus mengembangkan potensi pasar Malaysia,” sambung Klinger.
Direncanakan kerjasama tersebut akan merakit model-model VW lainnya untuk pasar Malaysia. Perakitan VW di Malaysia tampak pada tahap awal berupa semi CKD. Sedangkan dari CKD penuh akan dilakukan pada akhir 2012. Jumlahnya pun hanya beberapa ribu unit.(*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar