google.com, pub-5013500952012613, DIRECT, f08c47fec0942fa0
☆BreakingNews >
Home » , , » Kalteng Masuk Kodam Tanjungpura

Kalteng Masuk Kodam Tanjungpura

| Diposting : Sabtu, 10 April 2010 | Pukul : 04.17.00 |

(BALIKPAPAN): Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal masuk wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura bersama Kalimantan Barat yang bemarkas di Pontianak, setelah Juni nanti ada pemekaran kodam di Kalimantan.

Sedangkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur masuk wilayah Kodam VI/Mulawarman yang bemarkas di Balikpapan. "Juni 2010 ada dua kodam di Kalimantan yakni Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XII/Tanjungpura," kata Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI George Toisutta di Balikpapan, kemarin.

KSAD mengatakan, proses pembentukan dua Kodam baru tidak ada penambahan personel, selain itu juga menggunakan fasilitas yang ada. Pembentukan dua kodam dilakukan karena wilayah Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan dan wilayah daratannya langsung dengan negara Malaysia yang memiliki panjang perbatasan sekitar 966 kilometer.

"Hal tersebut sangat rawan memunculkan masalah-masalah seperti pelintas batas, tapal batas, kejahatan transnasional, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), perambahan dan perusakan hutan serta gangguan terhadap kedaulatan negara. Sehubungan dengan reorganisasi, maka Kodam XII/Tanjungpura pada April 2010 sudah dioperasionalkan. Saya instruksikan agar tahap demi tahap pelaksanaannya dikendalikan dan diawasi dengan benar dan ketat," jabar George.

Selama tahap pemekaran Kodam diharapkan agar sasaran yang ditetapkan pada program pembangunan kekuatan itu dapat tercapai sesuai rencana. Program pembangunan kekuatan itu, telah sesuai dengan Rancangan Strategis (Renstra) TNI Angkatan Darat Tahun 2010-2014. Bertujuan mewujudkan kekuatan TNI Angkatan Darat yang tangguh dan handal, serta mampu menangkal setiap bentuk ancaman yang diprediksi timbul. Baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

"Dalam menghadapi prediksi ancaman tersebut, saya perintahkan kepada para prajurit untuk terus membangun profesionalisme keprajuritan dengan meningkatkan kemampuan penalaran yang logis dan sistematis sebagai dasar pemecahan masalah yang dihadapi," tandas KSAD.(*)
Bagikan artikel ini :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lha gitu donk mosok tentara terpusat di jawa..

 
Hak Cipta© 2009-2016. Mardedi H Andalus | Semua hak dilindungi undang-undang.
Link: Facebook.com | Support: Creating Website | Blogger