google.com, pub-5013500952012613, DIRECT, f08c47fec0942fa0
☆BreakingNews >
Home » , » Mesin PLTD Pontianak Terbakar

Mesin PLTD Pontianak Terbakar

| Diposting : Minggu, 11 April 2010 | Pukul : 00.18.00 |

(PONTIANAK): Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), untuk kesekian kali kembali akan melakukan pemadaman bergilir, menyusul terbakarnya salah satu unit mesin pembangkit mereka.

Manajer PLN Sektor Kapuas Idaman mengatakan, pemadaman bergilir akan dilakukan selama dua hari ke depan, sambil menunggu beroperasinya mesin pembangkit cadangan. Kebakaran terjadi pada salah satu unit mesin pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Siantan. Insiden ini terjadi pada Sabtu sekitar pukul 06.00 WIB.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari percikan api pada selang penghubung mesin dengan bahan bakar. "Mesin yang terbakar berkapasitas lima megawatt dan butuh waktu sekitar 10 hari untuk memperbaikinya," kata Idaman.

Kebakaran yang menimbulkan kepulan asap tebal ini, dapat segera diatasi sehingga mesin masih bisa diselamatkan. Meski demikian, petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan saat melakukan pemadaman. Pasalnya, bak penampung bahan bakar yang menjadi sumber api berada di bawah mesin yang terbakar tersebut.

PLTD Siantan merupakan salah satu pembangkit utama yang menyuplai kebutuhan listrik untuk sistim Pontianak. Wilayah layanannya mencangkup Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Landak dan sebagian wilayah Singkawang.

Kebakaran kali ini adalah kejadian kedua kali yang dialami PLTD Siantan. Kejadian serupa sebelumnya terjadi pada 2008 lalu. Kebakaran saat itu juga mengakibatkan terjadinya pemadaman bergilir.(*)
Bagikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

 
Hak Cipta© 2009-2016. Mardedi H Andalus | Semua hak dilindungi undang-undang.
Link: Facebook.com | Support: Creating Website | Blogger