google.com, pub-5013500952012613, DIRECT, f08c47fec0942fa0
☆BreakingNews >
Home » , , , , , » PT Adaro Kembali Bantu RSUD Doris Sylvanus

PT Adaro Kembali Bantu RSUD Doris Sylvanus

| Diposting : Sabtu, 18 Desember 2010 | Pukul : 02.25.00 |

SUARAPUBLIC.COM - Perusahaan pertambangan batubara PT Adaro Indonesia, berjanji akan kembali memberikan bantuan sebesar Rp2 miliar untuk Rumah Sakit Doris Sylvanus di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) di 2011 nanti.

Pada 2010 ini, bantuan serupa juga pernah diberikan PT Adaro senilai Rp 2 miliar. Uang tersebut dipergunakan untuk pembangunan ruang Unit Gawat Darurat (UGD) di Rumah Sakit Doris Sylvanus.

Adanya bantuan pihak PT Adaro itu diakui oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Agustin Teras Narang SH kepada wartawan di Palangkaraya, kemaren.

"Wilayah operasi PT Adaro Indonesia ada di Kalimantan Selatan, namun ada dua wilayah di Kalteng yang masuk tempat kegiatan pertambangan mereka. Kedua kabupaten itu adalah Barito Timur dan Barito Selatan," kata Teras Narang.

Menurutnya, dua kabupaten yang menjadi tempat kegiatan PT Adaro itu berupa jalan di wilayah Barito Timur dan pelabuhan di Desa Kelanis Kabupaten Barito Selatan. "Kaitan itu pihak PT.Adaro rutin memberikan bantuan kemanusian untuk Kalteng," timpal Teras.

Bantuan selama ini diberikan kepada kedua kabupaten Kalteng tersebut, berupa pembangunan rumah ibadah, sarana pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat yang terkena dampak dari kegiatan PT Adaro.

"Sedangkan pajak dua kabupaten itu juga mendapatkan, sedangkan untuk pemerintah provinsi tidak mendapatkan. Karena yang berwenang dalam hal pajak adalah pusat," sebutnya.

Berkaitan dengan tuntutan yang dilakukan masyarakat Desa Kelanis Kabupaten Barito Selatan, Teras menilai hal itu wajar saja asalkan tuntutan ganti rugi lahan itu dapat dipertanggungjawabkan kepemilikannya.

"Dalam hal ini masyarakat hendaknya tidak ganti rugi, karena begitu selesai dibayar PT Adaro maka masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Justru yang baik itu adalah kerjasama," saran Teras.

Dalam hal itu, Teras akan berupaya melakukan pendekatan lagi dengan masyarakat setempat, ini terkait dengan visi dan misi yang diembannya bersama wakil Gubernur Kalteng H Ahamad Diran pada Pemilukada Juni 2010 lalu.

"Salah satu yang akan kita galakkan di Desa Kelanis tersebut adalah rehabilitasi perkebunan karet yang selama ini telah terbukti menjanjikan dan mampu menopang kehidupan masyarakat setempat," pungkas Teras.


Bagikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

 
Hak Cipta© 2009-2016. Mardedi H Andalus | Semua hak dilindungi undang-undang.
Link: Facebook.com | Support: Creating Website | Blogger