google.com, pub-5013500952012613, DIRECT, f08c47fec0942fa0
☆BreakingNews >
Home » , , » Kapal Pinisi Tak Boleh Berlayar

Kapal Pinisi Tak Boleh Berlayar

| Diposting : Rabu, 13 Januari 2010 | Pukul : 00.48.00 |


(SUARAPUBLIC)-Kapal pinisi dilarang berlayar di diperairan laut Jawa wilayah Banjarmasin, Kalsel. Larangan menyusul terus memburuknya cuaca di tengah laut. Bahkan hingga lima hari kedepan gelombang air laut masih cukup tinggi sehingga kapal pinisi dilarang berlayar hingga minggu depan.

"Sekarang obak cukup tinggi. Sangat bahaya bagi kapal penisi karena bahannya terbuat dari kayu. Bila bertemu gelombang besar, dipastikan kapal akan pecah. Inilah yang sangat berbahaya bagi penumpangnya," kata Sufrisman Djafar, Kepala Adpel Banjarmasin.

Pelarangan tersebut memang cukup mengganggu. Karena, kapal-kapal pinisi yang biasa berlabuh di pelabuhan rakyat (Pelra) tersebut, biasa mengangkut perabot masyarakat dari kota Surabaya.

Namun demikian, dengan penghentian pelayaran sampai kondisi gelombang normal tersebut dipastikan tidak akan menganggu sistem perekonomian masyarakat.

"Kalau kapal yang mengangkut sembako tetap berlayar. Karena yang mengangkut sembako itu kapal roro atau kapal motor yang juga mengangkut penumpang dan kendaraan," tegasnya.

Sedangkan untuk angkutan kontainer, menurutnya tidak ada masalah. Karena dengan gelombang tersebut tidak terlalu mengganggu pelayaran kapal kontainer yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kapal lain seperti kapal penumpang.


Bookmark and Share



Bagikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

 
Hak Cipta© 2009-2016. Mardedi H Andalus | Semua hak dilindungi undang-undang.
Link: Facebook.com | Support: Creating Website | Blogger