google.com, pub-5013500952012613, DIRECT, f08c47fec0942fa0
☆BreakingNews >
Home » , , , » Petani dan penyuluh dapat ilmu PUAP

Petani dan penyuluh dapat ilmu PUAP

| Diposting : Kamis, 28 Oktober 2010 | Pukul : 00.16.00 |

Lahan Sawah Desa Rodok. (web)
MUARATEWEH - Ditengah keterpurukan usaha masyarakat Kabupaten Barito Utara, Kalimanta Tengah, lima tahun belakangan akibat sulitnya mendapat peluang usaha, program pro rakyat terus disosialisasikan pemkab setempat. Salah satu yang diyakini menyentuh pada denyut dana perekonomian masyarakat adalah menyediakan SDM handal dibidangnya.

Penyediaan SDM itu tentunya melalui pelatihan-pelatihan yang diprakarsai dan disokong penuh dinas teknis Pemkab Barut. Kali ini giliran dapat ilmu bermanfaat adalah kelompok tani dan penyluh di Barut. Mereka diasupi ilmu yang dinamai program pengembangan usaha agrobisnis pedesaan (PUAP).

Program itu memfokuskan pada usaha dan pengembangan usaha bidang pertanian. Program itu diluncurkan pemerintah pusat agar bersinergi dengan program nasional pemberdayaan masyarakat-mandiri (PNPM-M).

Tapi PUAP lebih pada fasilitasi modal usaha. “Pelatihan ini sangat penting artinya bagi keberhasilan usaha tani masayarakat. Diharapkan pelatihan PUAP bisa memberi manfaat untuk mencapai kesejahteraan petani,” kata Assisten bidang Administrasi Pemkab Barut, H Asran, disela acara membuka pelatihan, kemaren.

Tempat penyelenggaran pelatihan di di ruang aula Sekolah MTsN Muara Teweh. Tak sembarangan, karena petani dan penyuluh empat kabupaten DAS Barito (Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, dan Murung Raya) ambil bagian pada pelatihan itu.
Bagikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

 
Hak Cipta© 2009-2016. Mardedi H Andalus | Semua hak dilindungi undang-undang.
Link: Facebook.com | Support: Creating Website | Blogger